Posted by: Admin | January 12, 2014

Resolusi Tahun 2014


Kiat Manajemen Waktu
Bagi siapapun, melakukan manajemen waktu secara bijak amat penting. Bila Anda melewatkan janji penting dan tenggat waktu, tak ayal ini bakal mengganggu alur karir dan kehidupan sosial Anda. Buntutnya, timbul rasa bersalah, frustrasi, dan perasaan buruk lain. Berikut tips manajemen waktu yang tepat dari George Mason University.

1. Lakukan survai waktu pribadi.
Untuk mulai mengatur waktu, Anda harus tahu pasti bagaimana Anda menggunakan waktu. Survai waktu akan membantu Anda memperkirakan berapa banyak waktu yang telah Anda habiskan dalam aktivitas tertentu. Untuk memperoleh perkiraan akurat, Anda dapat melihat waktu yang telah dihabiskan selama satu minggu.

2. Perhatikan jadwal harian.
Ada beragam jadwal waktu yang sesuai dengan kepribadian Anda. Begitu Anda memutuskan satu gaya tertentu, langkah berikut adalah membentuknya. Yang paling baik sisakan sedikit waktu untuk istirahat pada tiap jam, sedangkan setengah jam lainnya disiapkan untuk jadwal yang benar-benar padat.

3. Jangan menjadi perfeksionis.
Berusahalah agar menjadi orang sempurna yang siap menghadapi kekalahan. Tidak ada orang yang sempurna. Anda butuh tujuan yang dapat dicapai dengan kemampuan yang ada. Tugas-tugas sulit biasanya berakhir dengan penolakan dan penundaan.

4. Belajarlah berkata tidak.
Misalnya, teman dekat Anda mengajak jalan-jalan. Sebenarnya, Anda tidak tertarik. Tapi, Anda tidak sampai hati mengecewakan orang. Berkata tidak dengan sopan selayaknya menjadi kebiasaan.

5. Belajar menentukan prioritas.
Sangat penting melakukan prioritas pada tanggung jawab dan kesepakatan yang telah dicapai. Orang-orang yang tidak tahu bagaimana melakukan prioritas bakal menjadi orang yang gemar menunda-nunda pekerjaan.

6. Gabungkan sejumlah aktivitas.
Bila memungkinkan, gabungkan sejumlah aktivitas dalam satu waktu. Ketika dalam perjalanan, baca catatan-catatan penting. Banyak cara untuk memadukan aktivitas, tapi yang penting adalah berusaha agar selalu kreatif.

7. Adaptasi diri.
Setelah penjadwalan sukses dilakukan, maka tinggal Anda berusaha keras untuk menyesuaikan diri. Namun, yang paling penting adalah bagaimana agar upaya ini dapat berhasil untuk Anda. Jadwal waktu yang tidak jujur dan jadwal kegiatan pribadi bukan jadwal waktu yang tepat.

Photo: Merenungkan Yang Telah Berlalu dan Menyambut Tahun Baru 2014

Tahun 2013 sekejap lagi akan berlalu menjadi kenangan. Tahun 2014 akan datang menyambut kita. Sebuah tahun baru yang biasanya kita sertai dengan harapan-harapan baru, cita-cita baru, dan rencana-rencana baru.

Sejenak mari kita lupakan dulu apa yang akan kita lakukan nanti di tahun depan. Mari kita pikirkan, apa saja yang telah kita lalui selama setahun ini dan bagaimana kita menghabiskannya.

Tanyakan pada diri kita:

    Apa yang sudah kita capai tahun 2013 kemarin?
    Bagaimana kita menghabiskan 365 hari kemarin?
    Kesalahan apa yang bisa menjadi pelajaran kita kedepan?

Saya sering merenungkan ini setiap saat pergantian tahun. Apakah setahun waktu berjalan ini telah memberi saya kemajuan berarti pada kehidupan saya?

Kadang saya menyesal merasa belum maksimal memanfaatkan tahun ini dengan baik. Terlalu sering menunda, terlalu malas, terlalu boros, bekerja tidak efektif, terlalu egois, dan seterusnya. Lebih parah lagi, menyedihkan rasanya saat menyadari setahun cepat sekali berlalu namun posisi kita masih sama saja seperti tahun kemarin.

Yang bisa saya lakukan adalah bertekad kesalahan yang sama tidak terulang lagi di tahun yang akan datang. Saya harus lebih fokus, terarah, dan lebih efektif dalam bekerja. Sistem yang jelas, langkah yang jelas.

Saya berharap tahn 2014 bisa menggunakan waktu lebih lebih banyak dengan keluarga. Memberi perhatian lebih baik kepada orang-orang yang saya cintai di sekeliling saya. Memberi kebahagiaan lebih banyak dan melayani mereka lebih baik. Saya ingin keberadaan saya diantara mereka benar-benar membawa berkah dan manfaat untuk mereka.

Bagaimana dengan anda?

Saya yakin, anda punya perenungan anda sendiri. Silakan anda tuangkan di sini perenungan anda untuk tahun 2013 dan harapan anda untuk tahun 2014 yang akan datang.

Akhir kata,

Saya, dan keluarga mengucapkan Selamat Tahun Baru 2014. Semoga harapan dan cita-cita anda (dan saya) bisa tercapai di tahun yang penuh berkah ini. Salam tahun baru!
Pengharapan dan Resolusi  di atas akan lebih manjur dan berarti jika kita melangkah bersama dengan Tuhan.
Tuhan Memberkati Kita semua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: