Posted by: Admin | September 12, 2011

renungan hari ini: Berbicara dan Diam


Berbicara dan Diam

“Juga orang bodoh akan disangka bijak kalau ia berdiam diri dan disangka berpengertian kalau ia mengatupkan bibirnya” (Amsal/Proverbs 17:28).

 

Orang yang sehat adalah mereka yang dapat berbicara menyampaikan maksud dan pendapatnya! Bahkan ucapan kita dapat mengubah dunia! Tapi bisa juga menjadi membawa bencana kemanusiaan, jika itu menjadi gosip yang tak bertanggungjawab.

 

Hari minggu kemarin (11 September 2011) kembali Ambon/Maluku digoncang konflik berbau SARA. Seorang pemuda (beragama islam) mengendarai motor, dan menabrak sebuah rumah (keluarga Kristen). Ia meninggal dunia akibar kecelakaan itu. Namun karena gosip yang beredar pemuda tersebut mati karena dibunuh orang Kristen, maka terjadilah kerusuhan (perusakan dan pembakaran rumah/gereja/motor/mobil, juga saling menyerang dan membunuh). Kabar terakhir, sudah ratusan orang di rawat beberapa rumah sakit, bahkan sudah beberapa orang yang tewas akibat kerusuhan di Ambon/Maluku.

 

Ada waktunya kita harus berbicara tentang karya besar yang sudah dan sedang Tuhan lakukan bagi manusia. Namun, kalau ucapan kita tidak mempromosikan kasih Tuhan dan kemanusiaan (keadilan, kebenaran dan perdamaian), jauh lebih baik/arif jika kita berdiam diri. “Juga orang bodoh akan disangka bijak kalau ia berdiam diri dan disangka berpengertian kalau ia mengatupkan bibirnya”.

 

tgt., 12 September 2011 –– bacaan alkitab mengikuti “Today”: renungan harian yang digunakan oleh christian reformed church (crc) in north America


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: